Selasa, 18 Juni 2013

Tanya Jawab Liposuction (Sedotlemak)

Apa yang dimaksud dengan liposuction?

Liposuction atau Bedah-Sedot-Lemak (BSL) adalah suatu cara (operasi) untuk menghilangkan timbunan lemak tubuh dengan cara menyedot keluar.

Apakah liposuction permanen?

Lemak yang telah dikeluarkan tidak dapat kembali lagi di tempat yang sama.Kecuali bilamana  berat badan anda bertambah sangat banyak. Secara umum liposuction adalah permanen.

Apakah liposuction dapat mengurangi berat badan ?

Tujuan liposuction adalah mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Umumnya berat badan tidak berkurang atau hanya sedikit berkurang. Berat badan berkurang pada "mega liposuction", yaitu liposuctionvolume besar dimana lemak dikeluarkan 5 - 10 liter, atau dilakukan "serial liposuction".

Siapa yang membutuhkan liposuction?

Apabila anda memiliki timbunan lemak tubuh yang tidak dapat dikecilkan dengan cara diet,olahraga, dsb, liposuction akan memberikan hasil yang baik

Apakah liposuction berbahaya?

Setiap tindakan memiliki risiko.Bahaya setiap operasi adalah infeksi dan perdarahan. Keduanya dapat dihindarkan dengan cara melakukan liposuction di ruang steril dengan alat dan cara steril (di ruang operasi) dan dengan cara melakukan pemeriksaan darah/laboratorium sebelum operasi.Untuk mengurangi risiko operasi, liposuction dapat dilakukan dalam pembiusan lokal, menggunakan teknik pembiusan (anestesi) "pengembungan jaringan" (tumescent). Cara ini ditemukan oleh Dr Jeffrey Klein ,seorang dokter kulit ( dermatologis )dari USA yang  membuat revolusi liposuction sehingga menjadi salah satu tindakan bedah kosmetik yang sangat aman. Dengan persiapan yang cukup, dokter yang bertanggung jawab , risiko operasi akan sangat kecil. Statistik menunjukan bahwa di seluruh dunia (sejak 1987), tidak ada satupun kasus meninggal setelah melakukan liposuction dalam BIUS LOKAL TUMESEN.  Berarti liposuction dalam teknik tumesen SANGAT AMAN.

Siapa yang melakukan liposuction?

Liposuction seyogyanya dilakukan oleh dokter yang kompeten untuk melakukannya. Biasanya dokter pelbagai spesialis melakukannya misalnya spesialis kulit, bedah/plastik,  dsb.Walaupun demikian tidak semua dokter spesialis tersebut  melakukan liposuction Yang perlu anda tanyakan pada dokter tersebut adalah dimana mendapatkan training/kursus liposuction, sudah berapa banyak pasien yang dikerjakan, komplikasi apa yang didapat. Di era teknologi informasi seperti ini,  dengan mudah anda dapat mengetahui  kemampuan dan reputasi setiap dokter dengan mudah.

Dimana dilakukan liposuction?

Liposuction dilakukan di kamar operasi RS atau klinik dengan anaestesi (pembiusan)lokal, berarti anda tetap sadar.Mungkin anda diberikan tablet  obat penenang dan penawar sakit sebelum operasi, sehingga anda akan sedikit mengantuk.
_________________________________________________

Bagian tubuh mana yang dapat di liposuction?

Seluruh bagian tubuh yang mengandung timbunan lemak dapat dirampingkan dengan liposuction. Misalnya dagu, pipi, lengan atas, perut, pinggang, pinggul, punggung, paha dalam,paha samping, betis. Liposuction yang paling sering dilakukan pada wanita adalah : perut, paha samping dan lengan atas. Pada pria dengan gynaecomastia (buah dada pria yang besar), liposuction juga memberikan hasil yang baik.
_______________________________________________

Apa yang dilakukan dokter waktu operasi?

Dokter akan menyuntikan obat anestesi dibawah kulit, membuat lubang kecil pada kulit (3-4mm) dan memasukkan jarum tumpul pada jaringan lemak yang akan disedot. Jarum tumpul tersebut berfungsi menyuntikan obat bius lokal  (tumescent) pada lemak yang akan dibuang. Setelah menunggu 15-20 menit, baru liposuction dilakukan Penyedotan dilakukan dengan menggunakan kanula,yaitu suatu  pipa tumpul ber diameter sekitar 4 mm ,yang digerak-gerakan maju-mundur  guna menyedot keluar lemak tubuh. Setelah bentuk tubuh yang diinginkan tercapai, penyedotan di hentikan. Selesai operasi, lubang kecil pada kulit akan dijahit dengan 1-2 jahitan, jadi bekas pada kulit hanyalah sebesar 4-5 mm saja.
_______________________________________________
Komplikasi apa yang mungkin terjadi?
Komplikasi liposuction yang paling sering terjadi adalah iregularities, dimana kulit setelah selesai dibuang, ternyata tidak rata.Umumnya ini adalah kesalahan dokter yang melakukan atau karena gangguan penyembuhan jaringan pada pasien. Biasanya dapat dikoreksi lagi 2-3 bulan kemudian. Komplikasi yang kedua adalah infeksi, yang seharusnya tidak boleh terjadi bilamana dilakukan secara benar. Ada pula kasus kematian karena liposuction dikombinasi dengan operasi lain.Dengan cara tumescent murni yang ditemukan Dr Jeffrey Klein (dokter kulit dari USA), tidak ada satupun kasus kematian di seluruh dunia sejak tahun 1987.

1 komentar:

  1. This is an interesting blog that you have posted, you share a lots of helpful information.Keep on Posting.
    Liposuction Jakarta

    BalasHapus