Selasa, 18 Juni 2013

Instruksi sebelum, sesaat dan setelah Operasi Liposuction

Sebelum operasi, setelah konsultasi ke dokter

a.lakukan pemeriksaan darah  Hemoglobin, leukosit,hitung jenis, LED,hematokrit, trombosit, masa perdarahan, masa pembekuan, VDRL, TpHA, anti-HIV, HbSAg, sGOT, sGPT ;pemeriksaan urine :rutin beberapa hari sebelum operasi
b.rencanakan transportasi ke klinik/RS dengan baik
c.jangan minum plafix, aspirin (asam salisilat- salycilic acid), atau obat-obat yang mengandung aspirin (asetosal, refagan, buferin, aspilet) paling sedikit 7 hari sebelum operasi.

Beritahu dokter bilamana anda memiliki:
a.penyakit jantung, hipertensi,gangguan darah, asma ,dll
b.riwayat penyembuhan luka yang kurang baik (keloid,dsb)
c.riwayat alergi obat.

Saat Hari Operasi

a.makan ringan,gunakan pakaian yang nyaman, mudah dilepas dan mudah dipakai kembali.
b.bawa pakaian dalam untuk cadangan
c.datang tidak terlambat, sisakan waktu cadangan untuk menghadapi kemacetan lalulintas.
d.mandi dulu di rumah, lepas semua perhiasan, contact-lens pada waktu masih dirumah.


Setelah operasi

a.istirahat di rumah sedikitnya 1 hari, sebaiknya di tempat tidur dan boleh jalan/ berdiri untuk aktivitas biasa : makan, ke kamar mandi atau nonton TV
b.segera setelah pulang minum banyak  air mineral: 2 liter dalam 6 jam, guna mengganti cairan tubuh yang hilang, dan mengeluarkan sisa-sisa obat anestesi via urine
c.Kontrol ke klinik ke esokan harinya. Balutan dan jahitan akan dilepas setelah 7 hari; mungkin korset masih dipakai. Jangan melakukan aktivitas berlebih.
d.Mandi diperbolehkan setelah balutan/jahitan dilepas. Kira-kira 1 minggu setelah operasi.
e.pada hari ke-10, daerah yang disedot agak keras. Mulailah melakukan pijatan dengan ujung jari selama 10-20 menit, dua kali sehari.
f.latihan olahraga dan aktivitas seksual baru boleh dilakukan setelah 2 minggu
g.apabila anda berasal dari luar kota,kami sarankan tetap di dalam kota pada 1-2 hari setelah operasi.
Pengaruh makanan :
Setelah liposuction ,jumlah sel-sel lemak anda yang tertinggal pada tubuh tidak lagi dapat bertambah. Untuk mendapatkan hasil yang baik, anda masih tetap perlu melakukan diet dan olahraga teratur.


Latihan setelah operasi

 Semua latihan baru dapat dilakukan setelah warna kebiruan pada kulit (memar = hematoma) menghilang.Untuk mempercepat gunakan Trombophob gel beberapa kali sehari.
Maksud latihan adalah memperkuat kembali tonus otot, sehingga kulit cepat mengencang kembali.
 Pada DAGU,PIPI atau LEHER:Mulai melakukan pijat jari ringan pada hari ke-10 @ 10 menit .
Pada PERUT: mulai sit-up dengan lutut ditekuk 2 minggu setelah operasi, lakukan tiap hari selama 2 minggu. Gunakan korset selama 2-4 minggu.
Pada LENGAN ATAS: berdiri ,buka lengan kesamping  sampai sejajar lantai,lakukan beberapa kali ,tiap hari selama 2 minggu.
Pada PAHA DALAM: berbaring pada salah satu sisi tubuh (miring), buka kaki yang sebelah atas selebar mungkin,lakukan beberapa kali sehari, selama 2 minggu.
Pada PAHA SAMPING:berdiri, buka dan angkat salah satu kaki ke samping,lakukan pada sisi sebaliknya, setiap hari sampai 2 minggu.
Pada BETIS: setiap kali istirahat (misalnya ditempat tidur),naikan kaki ke atas lebih tinggi dari tubuh,biarkan 20-30 menit, supaya betis cepat mengecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar